Sejarah Rush Sebagai Kendaraan Multi Fungsi dan Stylish

Data Aceh | Kamis, September 01, 2016 | 0 komentar

ToyotaAceh - Di Indonesia Kendaraan dengan Type SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi pilihan yang sangat tepat selain memiliki karakter dengan kemampuan melahap berbagai jalan di tanah air. Terbukti, semenjak tahun 90-an, kendaraan ‘SUV’ memiliki banyak peminat. Antara 1995 hingga 2006, pasar SUV Medium bergerak rata-rata pada angka penjualan 14.000 per tahun.


Bagi Toyota, ini merupakan kesempatan untuk menghadirkan berbagai kendaraan yang sesuai dengan kondisi Indonesia berdesain modern dan memiliki karakter Real SUV.

Desember 2006 hadirlah Toyota Rush dengan tampilan sporti serta maskulin. Untuk pilihan mesin, PT Toyota-Astra Motor menggunakan unit 4-silinder 1.500 cc dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Lonjakan penjualan segmen SUV Medium yang terjadi dari 2006 dan 2007 antara lain berkat kontribusi Toyota Rush dengan karakter yang sporti dan performa memadai serta stylish untuk perkotaan, yakni dari angka 3.000-an menjadi 30.000 unit.

Berkat kepercayaan yang diberikan konsumen kepada Toyota,  Rush mendapat posisi sebagai market leader dengan rata-rata m/s 44% hingga Desember 2015.

Keunggulan Toyota Rush karena dikembangkan sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan konsumen tanah air terhadap sebuah Real SUV yang tangguh pada on- dan off-road. Dengan ground clearance 200 mm, Rush mampu melintasi medan tidak rata dan membuat pemilik percaya diri, terutama saat musim banjir.

Untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan pasar, Toyota Rush mengalami beberapa improvement, berikut milestone dari Toyota Rush :

Toyota Rush 2006

Toyota meluncurkan Rush untuk melengkapi line up di SUV medium di Desember 2006. Tampil dengan desain yang sporty dan dinamis, serta postur yang tinggi dan besar membuat tampilannya terlihat gagah. Selain itu, kesan maskulin juga tergambar dari profil bodi yang kokoh dan berwibawa.

Mesin yang digunakan ialah unit 4-silinder 1.500cc. Sementara pilihan transmisi ialah manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk pilihan model tersedia1.5 G M/T, 1.5 S M/T, dan 1.5 S A/T.

Toyota Rush 2009

Di tahun ini, Rush mendapat beberapa improvement. Beberapa detail eksterior mendapat sentuhan, diantaranya ornamen baru pada grille dengan bilah melintang di tengah dan rumah foglamp diberi lis mengkilap. Selain itu, terdapat bumper guard depan dan belakang.

Toyota Rush 2010

Awal tahun 2010, Toyota merilis Rush G otomatis, untuk melengkapi pilihan kepada konsumen. Oktober 2010, Rush kembali mendapat penyegaran, diantaranya grille plastik dengan ornamen bulat dan bergesernya slip melintang dari tengah ke sisi atas grille sebagai penanda utama. Profil bumper juga turut berubah.

Foglamp juga diberikan rumah berlapis krom. Untuk bagian samping, ubahan yang paling terlihat ialah lengkungan di sisi bawah kedua pintu. Pelek yang digunakan juga berganti desain. Untuk bagian belakang, penyegaran terlihat pada lampu belakang bening dan bumper motif baru.

Toyota Rush 2013

Beberapa improvement kembali dilakukan pada Toyota Rush dan menghadirkan varian terbaru yaitu TRD Sportivo. Pada Rush ini, terdapat peningkatan standar kualitas dan keamanan melalui fitur dual SRS airbag pada semua tipenya, fitur pretensioner pada sisi pengemudi dan penumpang, serta indikator pengingat pemakaian sabuk pengaman di semua grade nya.

Pada sisi interior, perubahan dilakukan pada sisi warna yang sebelumnya berwarna grege menjadi dark gray yang meliputi bagian interior, steering wheel, instrument panel, seat fbric, dan door trim.

Untuk Rush TRD, menggantikan tipe S yang terdapat sebelumnya. Beberapa pengembangan pada sisi eksterior yang meliputi front bumper spoiler, rear bumper spoiler, TRD Sportivo emblem, dan TRD Sportivo stickers membuat tampilan Rush TRD Sportivo semakin sporty dan dinamis.

Toyota Rush 2015

Eksterior Rush tampil sangat baru dengan desain Front Grille yang menyatu dengan lampu utama yang juga memiliki desain yang anyar dan terlihat sangat modern. Lower Front Bumper versi TRD memiliki desain yang stylish serta tampil kian gagah.

Sementara bagian belakang pun hadir dengan lampu LED yang modern, serta didukung dengan desain baru pada tire cover. Untuk varian TRD, Rush hadir dengan pelek alloy terbaru berwarna ‘machining’ yang stylish. Pada segi interior, selain audio system baru, pengemudi lebih nyaman dengan steering wheel yang baru.

Toyota Rush 2016

New Rush hadirkan konsep Sporty, Multifunction and Best Value SUV dengan tampilan yang semakin gagah dan tangguh dari sebuah Medium SUV. Sporty dalam pengertian desain eksterior yang kian modern sesuai dengan peruntukan dan permintaan konsumen.

Multifunction yang berarti memiliki fungsi layaknya SUV dengan Ground Clearance tinggi (200 mm) dan akomodasi yang lapang baik untuk 5-seater (G Grade) maupun 7-seater (TRD Sportivo & TRD Sportivo Ultimo Grade).

Penghargaan Toyota Rush

2007: ICSA (SUV)
2007: JD Power Asia Pasific IQS (SUV)
2010: Autocar Reader Choice Award (Favourite Small SUV)
2010: Target Car Award
2011: Autocar Award (Favourite Small SUV)
2011: Otomotif Award (Best Low SUV)
2012: Autocar Award (Small SUV)
2012: ICSA (Best SUV)
2013: SWA (Favorite SUV)
2014: ICSA 2014 (SUV)
2014: Autocar Readers Choice Award (Best SUV)
2015: SWA (Compact SUV)
2015: Autocar Readers Choice Award (Best SUV)
2016: Frontier TOP Brand Award (SUV)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: , ,

0 komentar