Bila Anak Anda Mabuk Di Perjalanan, berikut Sarannya

Info Aceh | Rabu, Agustus 05, 2015 | 0 komentar

toyotaaceh.com, Buat yang sudah berkeluarga, liburan bersama anak tentu menyenangkan. Kita dapat mengenalkan anak tempat-tempat baru. Namun, seringkali, jika mengajak anak berpergian jauh, masalah yang dihadapi orangtua saat berada di dalam kendaraan adalah anak mengalami mabuk perjalanan – seperti mual dan pusing.

Tentu Anda sebagai orangtua pernah mengalami hal itu ‘kan? Tenang saja, masalah itu bisa di atasi kok. Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dikutip dari situs parenting:

Perhatikan makanan anak

Sebaiknya jangan beri anak makanan bersantan, berbumbu, dan berlemak baik itu sebelum atau sesudah perjalanan. Makanan seperti itu dapat merangsang rasa mual, baik dalam kondisi normal sekali pun.

Disarankan pula untuk tidak membiarkan anak mengonsumsi makanan dalam porsi yang banyak sebelum perjalanan. Karena hal itu dapat menyebabkan anak mual. Lebih baik makan sedikit, tapi sering.

Sedia biskuit garing dan permen

Minta kepada anak Anda untuk segera memberitahu jika ia merasa mual. Dalam kondisi anak seperti itu, alangkah baiknya jika Anda memberinya biskuit. Karena biskuit dapat membantu meringankan mabuk perjalanan. Anda juga bisa memberinya permen mint atau jahe.

Pilih-pilih kegiatan di kendaraan

Supaya anak anteng di dalam kendaraan, biarkan ia bermain. Tapi yang mesti diperhatikan, hindari kegiatan membaca buku atau bermain game di gadget berlebihan. Memang sih anak tidak bosan, namun sering bermain game dan membaca buku dalam kondisi kendaraan yang terus bergerak akan menyebabkan mata perih dan pusing.

Perbanyak istirahat

Bila Anda membawa kendaraan pribadi, sebaiknya sering-sering istirahat. Biarkan anak menghirup udara bebas di luar, dan berjalan kaki.  Apalagi jika anak mulai merasa mual, segeralah mencari tempat peristirahatan. Bukan hanya manusia, kendaraan pun juga butuh istirahat!

Ajak bicara anak

Selama perjalanan, sering-seringlah ajak anak ngobrol. Seperti memberi tahu objek yang dilewati.  Misal ketika melihat gunung, beri tahu apa nama gunungnya, ketinggianya, dan lokasinya. Dengan begitu anak terhibur dan juga menambah pengetahuannya.

Selamat berlibur, dan utamakan keselamatan ya!

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar