Toyota Perkenalkan Teknologi Pemandu Parkir Pintar

Muhammad Fadhil | Kamis, November 20, 2014 | 0 komentar


Toyota Aceh - Produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corporation terus melakukan inovasi dalam meningkatkan keamanan berkendara, termasuk di saat pengemudi mobil ingin memarkir kendarannya dan keluar dari area parkir. Kamis (20/11/2014) pabrikan resmi memperkenalkan teknologi terbaru - Intelligence Clearance Sonar (ICS)- pada alat pemandu parkir.

Pernyataan Toyota yang dilansir situs resmi perusahaan, Toyota Global, Kamis (20/11/2014) menyebutkan, perangkat itu membantu pengemudi untuk mencegah atau mengurangi tabrakan di saat parkir dan saat mobil akan meninggalkan tempat tersebut.

"Selain itu, dilengkapi Toyota Panoramic Monitor yang membantu pengemudi memeriksa lingkungan sekitar mobil, sebelum membawa mobil untuk parkir atau meninggalkan tempat parkir," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Peranti anyar itu rencananya dilunucurkan pada 2015 mendatang. Bahkan, pada beberapa model terbaru Toyota dan yang akan diluncurkan pada tahun-tahun mendatang, tidak menutup kemungkinan dilengkapi peranti tersebut sebagai fitur standar.

Toyota menjelaskan, dengan teknologi ICS tersebut, maka tabrakan atau gesekan dengan kendaraan lain tidak akan terjadi lagi. Meski saat pengemudi telah salah menginjak pedal gas sekali pun.

Soalnya, selain mampu mendeteksi berbagai rintangan atau benda-benda lain termasuk posisi mobil lain yang berpotensi menjadai halangan, juga mampu menghentikan mobil seketika di saat mobil akan menabrak kendaraan lain di tempat parkir. Hal itu terjadi karena teknologi ICS itu juga meliputi perangkat pengereman otomatis, di saat mobil berpotensi menabrak.

Sistem kerja dari teknologi ini berbasis pada sensor Sistem sensor akan mengirimkan sinyal kepada sistem komputer mobil untuk menhentikannya secara mendadak jika mobil akan menabrak. Sistem ini juga memandu pengendalian setir oleh pengemudi untuk mendapatkan arah parkir yang pas.


[ detik.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar