Ini Mobil Toyota Produksi Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Muhammad Fadhil | Kamis, November 13, 2014 | 0 komentar



Jakarta - Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, angka ekspor mobil Completely Build Up (CBU) produksi Indonesia mencapai 148 ribu unit per kuartal ke-3 tahun ini. Dari angka tersebut, 80 persen di antaranya merupakan kendaraan yang diproduksi oleh Toyota.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sendiri telah berhasil melempar mobil produksi Karawang, Jawa Barat ke 70 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, dan Kepulauan Seribu.

Setidaknya ada beberapa model produksi dalam negeri yang diminati pasar internasional, yakni Fortuner, Avanza, Vios, Kijang Innova, Yaris, Agya, Rush, dan Town Ace.

Untuk jumlahnya, TMMIN mencatatkan total ekspor untuk model Fortuner lebih dari 40 ribu unit, Avanza 29 ribu unit, Vios 15 ribu unit dan Kijang Innova 11 ribu unit.

Sedangkan angka gabungan ekspor CBU untuk model Yaris, Agya, Rush, dan Town Ace mendekati 20 ribu unit.

TMMIN sendiri berhasil membukukan jumlah eskpor per kuartal ke-3 tahun ini sebanyak 115 ribu, atau naik 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 89 ribu unit.

Sepanjang Januari-September tahun ini, TMMIN berhasil mencatatkan eskpor mobil dalam bentuk completely knock down (CKD) sebesar 31 ribu unit. Kemudian ekspor komponen mencapai 47 juta unit, mesin dalam bentuk Engine Assembly 39 ribu unit, dan Engine Component hampir 73 ribu unit.

Dari capaian tersebut, ekspor mobil Toyota ke sejumlah negara mencatatkan nilai lebih dari US$ 12 miliar sejak pengapalan perdana. Sedangkan hingga September 2014, pabrikan berhasil mencetak nilai ekspor lebih dari US$ 1,4 miliar.

[ liputan6.com]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar