Ini Dia Spek Mobil Anti BBM Toyota

Muhammad Fadhil | Selasa, November 18, 2014 | 0 komentar



 
Toyota Aceh - Di Indonesia, saat ini masyarakat tengah dihebohkan dengan kenaikan BBM sebesar Rp 2.000. Tapi tahukah Anda, banyak sekali di luar sana, kendaraan-kendaraan alternatif yang tidak menggunakan BBM. Salah satunya adalah ini, mobil hidrogen.

Setelah merilis foto dan video, Toyota memberikan spesifikasi ditel tentang Mirai, sedan bertenaga hidrogen pertama Toyota.

Mirai yang artinya masa depan itu hanya menggunakan tenaga hidrogen untuk bisa melaju. Tidak ada emisi CO2 yang berbahaya, soalnya mobil hanya menghasilkan uap air saja.

Sebagai prinsip dasar, mobil hidrogen bekerja seperti halnya mobil listrik biasa yang menggunakan tenaga dari baterai.

Namun mobil hidrogen tidak memiliki baterai yang boros ukurannya. Mobil hidrogen menggunakan stack sel bahan bakar yang menggabungkan gas hidrogen dari tangki dan oksigen untuk menghasilkan tenaga listrik yang memacu motor listrik. Hasil akhir dari proses ini adalah uap air biasa, bukan asap.

"Kami membayangkan sebuah dunia dipenuhi dengan kendaraan yang mengurangi ketergantungan kita pada minyak dan mengurangi bahaya pada lingkungan. Dan hari ini mobil itu jadi kenyataan!," seru bos Toyota, Akio Toyoda.

Seperti apa sih spesifikasi mobil anti BBM ini? Yuk kita simak spesifikasi detailnya:


1. Isi tangki hidrogen cuma 5 menit

Mobil menggunakan bahan bakar hidrogen, pengisiannya pun lebih cepat dibandingkan mobil ramah lingkungan lainnya seperti mobil listrik. Hanya selama 5 menit, tangki hidrogen di mobil sudah penuh, dan bisa membawa mobil berlari sampai sejauh 482 km. Cukup untuk menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Kebumen di Jawa Tengah.

Mirai memiliki 2 tangki hidrogen. Tangki ini berkapasitas total 122,4 liter, dengan perincian 60 liter di depan, dan belakang 62,4 liter.

Tekanan tangki mencapai 700 bar.


2. Performa

Performa Mirai datang dari drive train listrik dari sel bahan bakar. Sistem ini menghasilkan tenaga sampai 153 daya kuda. Hampir setara dengan mobil MPV seperti Toyota NAV1.

Sementara untuk torsi mencapai 335 Nm. Mobil bisa melaju dari 0-100 km per jam dalam 9 detik.

Listrik yang dihasilkan dari sel bahan bakar Mirai sanggup menerangi sebuah rumah selama seminggu penuh.


3. Hidrogen dari mana?

Toyota mengklaim untuk mendapatkan hidrogen yang dibutuhkan mobil ini cukup mudah.

"Kendaraan sel bahan bakar kami berjalan dengan hidrogen yang bisa diproduksi dari hampir semuanya, bahkan dari sampah," ujar bos Toyota Akio Toyoda.


4. Mulai dijual bulan depan

Mobil ini akan mulai dijual bulan depan di Jepang, dan menyusul Amerika dan Eropa di tahun 2015.

[ detik.com ]









Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: ,

0 komentar