Bos Toyota Geber FCV di Ajang Reli Jepang

Muhammad Fadhil | Selasa, November 04, 2014 | 0 komentar



Shinshiro - Meski masih beberapa hari sebelum peluncuran resminya di Jepang, 18 November 2014 mendatang, bos Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyota, mengejutkan publik dengan perkenalan awal FCV versi balap pada ajang All-Japan Rally Championship di Shinshiro, kaki pengunungan Jepang Tengah.

Mobil berteknologi fuel cell ini tampil berbeda dengan kelir putih dan desain gambar tempel bodi beraksen biru dan hitam ala mobil balap reli. Toyoda bahkan sempat menggeber mobil ini dua lap di sirkuit yang sudah disediakan, mulai dari jalan aspal hingga tanah.

"Saya senang kami bisa menunjukan kendaraan fuel cell sebelum konferensi pers resmi digelar. Saya pikir ini merupakan awal baik," jelas Toyoda, dilansir Autonews (1/11/2014).

Acara ini sengaja dilakukan Toyota untuk menunjukkan kalau mobil ramah lingkungan yang hanya menghasilkan emisi berupa air, punya kelebihan emosi setara dengan mobil konvensional.

"Saya tidak mau Anda berfikir mobil ini hanya ramah lingkungan. Mobil ini ternyata juga menyenangkan buat dikendarai," jelas Toyoda.

Toyota FCV diprediksi akan memakai nama "Mirai" sebagai nama mobilnya nanti saat dipasarkan di Jepang. Mirai dalam bahasa Jepang secara harafiah punya arti "Masa Depan". Amerika Serikat menyusul jadi target pasar FCV selanjutnya mulai pertengahan 2015.

Toyoda merupakan pengemudi dengan keahlian balap yang sudah terlatih. Semasa muda dia dikenal punya hobi turun di lintasan balap. "Untuk menggambarkan dalam satu kata, luar biasa. Mobil ini sangat responsif, Anda punya kontrol penuh terhadap rem dan kemudi. Akselerasi awalnya terasa sangat baik," beber Toyoda menggambarkan pengalamannya dengan FCV.
 
[ kompas.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: ,

0 komentar