Yaris Spek Reli Dunia Kembali Diuji

Muhammad Fadhil | Kamis, Oktober 02, 2014 | 0 komentar



Brussels - Setelah melewati serangkaian pengetesan di aspal Agustus lalu, prototipe Yaris World Rally Champioship (WRC) garapan divisi khusus balap Toyota Motorsport GmbH (TMG) kembali diuji. Kali ini “melibas” trek off-road paduan tanah, lumpur dan debu, seperti terlihat pada video yang diunggah ke situs Youtube, pekan lalu.

Pengetesan dilakukan di Belgia dan dikemudikan oleh pembalap Toyota Stéphane Sarrazin. Kondisi iklim dan permukaan trek cukup membuatnya kesulitan. Meksi punya keuntungan dari tipe bodi hatchback 3-pintu, gerakan bodi masih terlihat sedikit “gugup” masuk dan keluar tikungan.

Meski belum ada detail spesifikasi, bisa diindikasikan Yaris WRC dibekali sistem gerak empat roda dan berbagai modifikasi berat pada mesin termasuk penambahan turbocharger.

Mobil ini akan memulai kembali kiprah Toyota di ajang reli setelah absen selama 15 tahun. Toyota menyatakan diri mundur dari WRC pada akhir musim 1999 agar bisa lebih fokus pada balapan Le Mans dan F1. TMG telah mengesampingkan ide Yaris WRC siap berkompetisi pada musim 2015. Ekspektasinya keikutsertaan akan dimulai pada 2017, saat regulasi baru akan membuat balapan semakin menarik buat peserta baru. 
 
 
 
[ kompas.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: ,

0 komentar