Ketika Toyota Crown Berubah Menjadi MPV

Muhammad Fadhil | Rabu, Oktober 29, 2014 | 0 komentar

Jepang - Toyota Crown memiliki tampilan desain grill yang khas dan mewah. Tampilan seperti itu juga kembali diterapkan Toyota pada mobil terbarunya yang sudah resmi diluncurkan di pasar domestik Jepang.

Ya, mobil yang dimaksud adalah Toyota Esquire, mobil MPV adik dari Alphard. Seperti apa profilnya?


1. Eksterior

Mobil ini merupakan minivan (MPV) mewah terbaru Toyota setelah Aplhard. Lihat saja dari tampilan keseluruhannya, terutama pada bagian grill depan yang dibuat hampir serupa dengan Toyota Crown.

Eksterior Toyota Esquire juga mendapatkan sentuhan desain modern dan elegan. Desain grill depannya dibuat sangat mencolok dengan bentuk vertikal yang membentang hingga turun sampai ke bawah bemper.


2. Interior

Toyota menawarkan interior yang luar dan mewah pada Esquire. Joknya terbuat dari kulit sintetis dan beberapa bagian lainnya dilapisi logam serta sentuhan kayu pada setir kemudi, dan shift knob.


3. Mesin

Untuk jantung pacunya tersedia beberapa varian, seperti Xi yang dibekali mesin model 3ZR-FAE berkapasitas 2.0-liter, kedua adalah varian Gi yang dibekali mesin tipe EZR-FAE berkapasitas 2.0-liter.

Sedangkan untuk varian hybrid dibekali mesin model 2ZR-FXE berkapasitas 1.797 cc yang mampu menghasilkan tenaga 73 kW (99 PS) pada 5.200 rpm dan torsi maksimum 142 Nm pada 4.000 rpm.

Motor listriknya menggunakan model 5JM yang dapat menghasilkan daya maksimum 60 kW (82 PS) dan torsi maksimum 207 Nm.

Mesin-mesin tersebut menawarkan efisiensi bahan bakar yang maksimal karena menggunakan sistem Valvematic dengan transmisi Super CVT-i dan beberapa fitur lainya yang mendorong untuk ramah lingkungan dan hemat BBM.


4. Konsumsi BBM 
Konsumsi BBM mobil menurut hasil pengetesan metode JC-08 oleh Kementerian Jepang menunjukkan kalau mobil mencapai angka 23,8 km per liter untuk model hybrid yang menggunakan mesin 1.8 L. Angka 16 km per liter untuk mobil bermesin 2.0 L front wheel drive, dan 14,8 km per liter untuk mobil bermesin 2.0 liter berpenggerak 4WD.


5. Fitur dan Harga

Sementara untuk fitur keselamatan dan keamanan sudah tidak bisa diragukan lagi. Toyota banyak menyematkan fitur-fitur unggulannya pada Toyota Esquire.

Seperti Intelligent Parking Assist dan Easy Set dan Wid-Angle. Sistem tersebut bisa mendeteksi lokasi parkir ketka tuas gear dipindahkan ke posisi Reverse (mundur) dan sekaligus dapat mengarahkan langsung ke tempat parkir ketika tombol OK ditekan.

Untuk harga, mobil ini paling murah dijual seharga 2,7 juta yen (Rp 305 juta) sampai 3,36 juta yen (Rp 400 jutaan).
[ detik.com ]





Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar