'Indonesia, Toyota Itu Indonesia Banget!'

Muhammad Fadhil | Minggu, Oktober 12, 2014 | 0 komentar


Jakarta - Sebagian masyarakat Indonesia ada yang melihat produsen mobil Toyota sebagai sebuah perusahaan Jepang yang tidak memproduksi mobilnya di sini. Anggapan itu pastinya salah. Toyota kini sudah memproduksi mobilnya di Indonesia.

Hampir 90 persen mobil yang mereka pasarkan di Indonesia diproduksi di Indonesia. Bahan baku untuk memproduksi mobil pun sebagian besar diambil dari dalam negeri.

Dari data Toyota, mobil yang memiliki kandungan lokal tertinggi adalah Kijang Innova yang mencapai 80 persen, disusul Yaris yang mulai diproduksi pada bulan April lalu sebanyak 60 persen, Fortuner 55 persen, sedangkan Vios dan Limo juga 60 persen.

"Itu yang selama ini banyak masyarakat yang enggak tahu," ujar Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia I Made Dana M. Tangkas dalam sebuah perbincangan di Jakarta.

Toyota, lanjut pria yang sempat daftar untuk jadi senator di Senayan ini, kini mulai membuka diri untuk memberikan informasi mengenai proses produksi mobil mereka.

Semua desain produk dibuat di Indonesia oleh PT Toyota-Astra Motor, kemudian dibawa ke prinsipal Jepang untuk disetujui dan kemudian dibawa lagi ke Indonesia untuk diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

"Jadi semuanya pakai buatan Indonesia," ujarnya.
[ detik.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar