Studi: Toyota perusahaan dengan pelayanan terbaik

Muhammad Fadhil | Selasa, September 02, 2014 | 0 komentar



Jakarta - Toyota Indonesia berhasil meraih posisi tertinggi sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Indonesia dengan pelayanan purnal jual terbaik kepada para pelanggan dalam survei bernama Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014.

Penghargaan Indonesia CSI Study 2014 tersebut diberikan J.D. Power Asia Pacific yang merupakan lembaga jasa konsultasi marketing berskala global.

"Saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang tidak terhingga atas anugerah tertinggi yang diperoleh Toyota Indonesia dalam CSI Study 2014," kata President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin malam. 

Menurut dia penghargaan itu tidak akan dapat diraih tanpa kerja tim yang kuat dan peningkatan kualitas yang terus dilakukan demi kepuasan pelanggan.

Selain itu menurut dia, penghargaan tersebut juga tidak terlepas dari peran pelanggan setia Toyota selama ini. Karena itu ujarnya, untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, Toyota akan selalu berupaya menghadirkan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, serta layanan penjualan dan purna jual terbaik yang melebihi harapan pelanggan.

Study dilaksanakan J.D. Power terhadap 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraannya pada periode Februari 2012 sampai Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013-Mei 2014.

Berdasarkan studi tersebut, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 770 poin. Nilai tersebut di atas rata-rata indeks 12 perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut, yaitu sebesar 767 poin.

Toyota Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dalam CSI Study 2014 berdasarkan tiga faktor pendukung, yaitu karena dianggap sebagai perusahaan otomotif dengan service advisor, service facility, dan service quality terbaik.

Service quality merupakan faktor pendukung dengan bobot paling tinggi pada CSI Study 2014, yaitu sebesar 30 persen dari total penilaian. Pada faktor ini, Toyota berhasil membukukan 772 poin atau tumbuh pesat 15 poin dibandingkan dengan perolehan di faktor yang sama pada tahun lalu.

Capaian Toyota itu dinilai sebagai prestasi yang signifikan karena pada CSI Study 2013 Toyota hanya berhasil menduduki peringkat ke-7, dengan poin sebesar 755.

Sebelumnya pada 2010, Toyota pernah meraih peringkat pertama dari J.D. Power Asia Pasific untuk kategori Customers Satisfaction Index (CSI) 2010, survei yang mempelajari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dalam kepemilikan kendaraan, dengan nilai 758 poin dari 1000 poin.

Bahkan pada 2010, selain CSI Toyota juga berhasil meraih J.D. Power untuk Sales Satisfaction Index (SSI) 2010 yang menitikberatkan pada proses pembelian kendaraan dan menjadi cerminan upaya peningkatan layanan secara keseluruhan yang dilakukan Toyota bagi kepuasan pelanggan.

Sumber : Antaranews.com

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar