Mobil Listrik Mungil Toyota Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Prancis

Muhammad Fadhil | Rabu, September 17, 2014 | 0 komentar



Grenoble - Warga Grenoble, Prancis cukup beruntung sebab mereka bisa merasakan kendaraan listrik roda 3 dari pabrikan mobil Toyota yang bernama i-Road. Dalam mengoperaskan i-Road, Toyota Motor Corp (TMC) bekerjasama dengan perusahaan lokal Prancis, Cite Lib.

Masyarakat Grenoble sudah bisa merasakan kendaraan listrik roda 3 Toyota padsa 1 Oktober mendatang. Kendaraan listrik imut ini akan menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan dan menjadi solusi masyarakat saat melewati jalan yang macet.

Untuk mendukung semua itu, Toyota akan menyediakan 35 unit i-Road dan tempat pengisian baterainya. Cara menggunakannya adalah, masyarakat dapat menyewa mobil listrik ini di stasiun yang telah disediakan dan mengembalikannya di stasiun lain yang berada di tempat berikutnya.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan fasilitas ini akan dikenalan biaya 3 Euro sebagai tarif dasar selama 15 menit dan ditambah 2 Euro lagi setiap 15 menit berikutnya.

Akan ada 27 stasiun dan 120 tempat pengecasan baterainya. Jadi masyarakat Grenoble bisa dengan santai mengendarai mobil listrik mungil ini tanpa takut kehabisan baterai.

Bagaimana Cara Pemeliharaannya?

Selama 3 tahun kedepan Toyota yang bekerjasama dengan Cite Lib menyediakan 35 unit i-Road untuk masyarakat Grenoble, Prancis. Selama mobil listrik mungil ini beroperasi, masyarakat jangan khawatir akan bagaoimana cara pemeliharaannya.

"Kami benar-benar yakin dengan daya tahan mobil itu karena kami benar-benar sudah mengujinya. Cite Lib sebagai mitra kami sudah memiliki prestasi di berbagai jenis mobil, jadi mereka akan bertanggung jawab untuk pemeliharaan hariannya," beber Chief engineer of i-Road in Toyota Motor Corporation product Planning Department Yanaka.

Tak hanya itu, staf Toyota yang berasal dari Jepang juga akan tetap berada di Grenoble, Prancis untuk menjaga jika terjadi apa-apa di Prancis.

"Diler Lexus juga akan ikut bertanggung jawab untuk pemeliharaan ringan sampai yang berat," timpal IT and ITS Planning Division Smart Community Office Toshiyuki Hara.

Tersedia 5 Pilihan Warna Menarik

Selai tampilannya yang unik, Toyota juga memberikan sentuhan warna yang menarik pada i-Road. Lihat saja pilihan warnanya, tak tangung-tanggung ada 5 pilihan warna menarik pada mobil listrik roda 3 Toyota ini.

Pertama adalah warna putih, pink, hijau, biru dan kuning. Menurut Toyota, warna pink yang paling menarik apalagi ketika melihat mobil listrik mungil itu berjalan di padatnya kota Grenoble, Prancis.

"Warna pin benar-benar menarik perhatian. Apalagi ketika laki-laki yang mengendarainya. Warna ini akan menjadi populer dan digemari masyarakat banyak," kata Yanaka sambil tertawa. [ detik.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: ,

0 komentar