Mayoritas warga Aceh beli mobil secara tunai

Muhammad Fadhil | Minggu, September 28, 2014 | 0 komentar



Sepanjang medio Januari-Agustus 2014, 2.687 unit mobil merek Toyota pelbagai jenis terjual di Aceh. Dari jumlah tersebut, 60 persen disumbangkan dari penjualan mobil Toyota merek Avanza berbagai tipe.

Saat berbincang dengan merdeka.com, Sales Supervisor PT. Dunia Barusa Banda Aceh, Azhar mengakui terjadinya peningkatan penjualan mobil di Aceh. Namun peningkatannya tidak terlalu signifikan.

"Untuk penjualan mobil Toyota di Aceh masih terus terjadi peningkatan, di mana mencapai 2.687 unit untuk semua type," kata Azhar, Jumat (26/9) di Banda Aceh.

Bila dihitung penjualan per bulan, diperkirakan rata-rata terjual 336 unit untuk semua tipe. Khusus merek Avanza rata-rata terjual 200 unit/bulan.

Untuk lokasi penjualan mobil di Aceh, kata dia, Banda Aceh dan Aceh Besar, masih jadi daerah favorit disusul lintas barat Aceh, yakni Aceh Barat dan Nagan Raya, dan kemudian Lhokseumawe dan Aceh Utara.

"Masyarakat di Aceh cenderung membeli dengan sistem cash sebanyak 55 persen, sedangkan secara kredit 45 persen," jelasnya.

Mengenai mobil murah seperti Toyota Agya, hanya terjual 13 persen dari total penjualan. Biasanya mobil murah ini dibeli untuk persediaan mobil cadangan atau untuk kebutuhan anaknya yang sekolah atau sedang kuliah.

Toyota Yaris juga tengah menjadi tren di Aceh. Kaum hawa lebih gemar mobil merek ini dengan striping baru warna merah.

"Toyota Yaris adalah salah satu mobil Toyota yang sangat digemari oleh kaum perempuan di Aceh," imbuhnya.

Azhar menjelaskan alasan kaum hawa cenderung memilih mobil merek ini antaran modelnya lebih menarik bila dibandingkan dengan mobil yang lain.

"Toyota Yaris sangat digemari kaum perempuan yang berprofesi sebagai pekerja pegawai bank, dokter, PNS, bahkan mahasiswi juga mulai beralih ke Toyota Yaris," jelasnya. [ merdeka.com ]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar