Even GIXA, Berpetualang Membela Hutan

Muhammad Fadhil | Sabtu, Agustus 16, 2014 | 0 komentar



Medan - Event adventure offroad Green International Xtreme Adventure (GIXA) yang digelar mulai Kamis hingga Minggu (14-17/8) dengan start dari Medan dan finish di Kab. Tanahkaro merupakan kegiatan petualangan yang dibarengi aksi penghijauan.

Pembina Indonesia Offroad Indonesia (IOF) Sumut Doddy, mengatakan di Medan, Selasa (12/8), GIXA merupakan event offroad roda empat dan dua yang diikuti peserta-peserta asal Sumut dan juga dari P. Jawa serta Aceh. Kegiatan ini, sebut Doddy, digelar IOF Sumut dan klub-klub dibawah naungan bersama Expedition Trail Mania (XTrim) Indonesia, dengan start dari XTrim Shop di Jl. Ring Road Medan dan finish di Puncak 2000, Kabanjahe, Kab. Tanahkaro.

"Kegiatan GIXA yang kita gelar ini memadukan petualangan offroader membelah hutan belantara dibarengi kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon. Selain itu bertujuan untuk meningkatkan event offroad di Sumut yang tentunya akan meningkatkan minat pariwisata di daerah ini, karena banyaknya peserta luar yang datang," sebut Doddy, yang juga Ketua Umum XTrim Indonesia ini.

Disebutkan, event GIXA sedikit berbeda dari even yang biasanya, karena dikemas untuk meningkatkan peran serta dalam aksi penghijauan. "Setiap peserta mobil GIXA diwajibkan membawa enam pohon. Sedangkan untuk sepeda motor harus membawa tiga pohon untuk ditanam pada jalur yang dilalui. Selain itu, sesuai tema hijau yang diusung, setiap kendaraan juga diwajibkan membawa kantong sampah sebagai tempat bagi peserta membuang sampah. Dan sampah tersebut hanya boleh dibuang pada tempat yang telah ditentukan sebagai tempat pembuangan sampah. Setiap pelanggaran atas aturan akan dikenakan penalti" papar Doddy.

"Begitupun, kegiatan GIXA ini tetap berstandar internasional baik dalam hal mobil dan motor serta regulasinya," tandas Doddy.

Ketua Panpel Said Hussein didampingi Sekretaris Husni Thamrim menyebutkan, para peserta nantinya akan melintasi hutan-hutan di kawasan Kab. Deliserdang dan Tanahkaro. Di antara peserta yang ikut, sebutnya, terdapat offroader andal asal P. Jawa Syamsir Alam, dan juga artis Bucek Depp. "Rencananya peserta akan dilepas Wali Kota Medan Drs. HT Dzulmi Eldin, S, MSi pada Kamis pagi," tandas Husni Thamrin.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: , ,

0 komentar