Berbekal "Peusijuek", Tim Avanzanation Tinggalkan Aceh

Info Aceh | Minggu, Februari 09, 2014 | 0 komentar


Banda Aceh, KompasOtomotif – Rombongan Avanzanation Journey wilayah Barat mulai bergerak meninggalkan Banda Aceh, Sabtu (8/2/2014). Sebelum berangkat, tim diberi bekal doa dengan prosesi adat setempat disebut Peusijuek. Diharapkan, tujuan kegiatan dapat dicapai, dan perjalanan pun ditempuh tanpa halangan berarti.

Prosesi dipimpin oleh Teuku Adnan, salah satu pemuka agama setempat, diikuti oleh seluruh tim yang akan melanjutkan perjalanan menuju Medan. Sembari berdoa bersama, ada beberapa item media untuk menyalurkan doa, berupa beras merah dan putih. Tangan semua tim disiram dengan air dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dari tanah lokal.

TAM Prosesi adat Peusijuek, dipimpin pemangku agama setempat, Teuku Adnan.

 
Peusijuek adalah prosesi adat dalam budaya Aceh yang masih dipraktikkan hingga sekarang. Tradisi ini dilakukan hampir semua kegiatan dalam kehidupan, bahkan hal kecil sekali pun. Misalnya memulai usaha, menyelesaikan persengketaan, terlepas atau selesai dari musibah, menempati rumah baru, merayakan kelulusan, memberangkatkan dan menyambut kedatangan haji, dan lainnya.

Perjalanan Panjang
”Hari ini perjalanan sangat panjang, tanpa kegiatan lain. Perkiaraan waktu tempuh 12 jam, kira-kira sampai Medan pukul 23.00. Jarak yang ditempuh sekitar 600-an km, sesekali beristirahat,” ujar Syahru Rama, PIC Sumatera Avanzanation Journey wilayah Barat, saat sedang beristirahat makan siang di daerah Bireun.

Selama perjalanan, tim juga mencari spot-spot unik dan indah untuk keperluan dokumentasi. Kondisi jalan cukup lancar. Kontur perbukitan tetap mendominasi, dengan kualitas jalan kurang baik dan banyak lubang. Namun, suspensi dan ground clearance Toyota Avanza yang mumpuni membuat perjalanan tetap nyaman.

Sesampai di Medan nanti, banyak acara menanti, termasuk melakukan city touring dengan komunitas Toyota Avanza di Medan, dan menghadiri Avanzanation.

sumber: kompas

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar