Tips Safety Driving

Info Aceh | Senin, Agustus 26, 2013 | 0 komentar

1. Persiapan Berkendara

A. Lihat dan amati kondisi eksterior sekeliling kendaraan

Periksa tekanan angin ban secara visual sebelum berkendara dan periksa tekanan dengan menggunakan alat ukur setidaknya sebulan sekali (standar tekanan angin dapat dilihat dibuku pedoman pemilik).

Periksa apakah terdapat kotoran pada karet wiper agar tidak menggores kaca saat wiper digunakan
Perhatikan apakah ada tetesan fluida di sekitar bawah kendaraan Anda, terutama jika tetesan itu berupa air berwarna pink (air radiator) atau oli. Jika anda tidak yakin dengan tetesan tersebut, hubungi Dealer Toyota anda.
Lakukan pengecekan ruang mesin kendaraan anda secara berkala misalnya setiap 2 minggu. Pastikan cairan minyak rem, oli mesin, air radiator, dan air wiper memadai diantara batas minimum dan maksimum.

B. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara

Periksa seat belt sebelum berkendara. Pastikan sudah terpasang dengan benar sampai terdengar bunyi "klik".

Atur posisi duduk yang nyaman dan aman. Posisi pinggul sampai pundak menempel di tempat duduk. Hindari merubah posisi duduk selama berkendara

Periksa fungsi lampu besar (head lamp), lampu belok (turning lamp), lampu pemberitahuan (hazard lamp), wiper dan air, meter,combination.

Periksa fungsi rem tangan, pedal kopling, gas dan rem sebelum berkendara, pastikan berfungsi dengan baik saat menginjak pedal.

Pastikan posisi spion kendaraan sudah sesuai dengan jarak pandang, posisi pegangan roda kemudi, dengan posisi tangan di jam 3 dan 9 untuk memudahkan tangan mengoprasikan tuas sekitar kemudi.

Pada saat mesin mobil sudah hidup, cek panel-panel instrumen kendaraan anda untuk memastikan tidak ada masalah pada kendaraan anda. Pastikan tidak ada indikator malfungsi yang menyala. Informasi lampu indikator dan peringatan pada instrumen kendaraan anda dapat mengetahui melalui buku pedoman pemilik.

Selalu simpan barang-barang di laci atau bagasi agar tidak jatuh dari dashboard dan mengganggu konsentrasi pengemudi. Jangan meletakkan aksesoris diatas lokasi penempatan airbag untuk menghindari kemungkinan mengenai wajah anda saat airbag mengembang.
Ikuti prosedur pengendaraan kendara anda melalui buku panduan pemilik.

2. Saat Berkendara
A. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkendara
Saling berbagi dan menjaga jarak antar kendaraan.
Hindari mengambil barang yang terjatuh.
Patuhi lampu pengatur lalu lintas.
Patuhi rambu-rambu lalu lintas sekeliling anda.
Jangan mengendarai mobil saat mabuk atau tidak fit.
Hindari melakukan/menerima telepon dan melakukan pengaturan navigasi atau audio saat sedang berkendara.

3. Memodifikasi atau Penambahan Aksesoris Kendaraan
A. Modifikasi Bersifat Kelistrikan

Melakukan modifikasi pada kendaraan anda bisa dilakukan untuk membuat kendaraan anda lebih menarik dan nyaman. Namun dalam memodifikasi kendaraan hal yang bersifat kelistrikan seperti modifikasi klakson, Head unit, Fog lamp (lampu kabut) dan lampu lainnya.
    
Sebagai ilustrasi, pemasangan Fog lamp yang memiliki watt lebih besar dari standar* Fog lamp asli toyota dapat menyebabkan panas lampu berlebihan dan membuat dudukan plastik lampu meleleh. Dudukan lampu yang meleleh tersebut dapat memicu timbulnya percikan api.

*sebelum pemasangan aksesoris dapat menghubungi bengkel resmi Toyota untuk memperoleh standar daya (watt) aksesoris kendaraan anda

B. Penambahan Aksesoris Lainnya

Penambahan aksesoris lainnya juga harus diperhatikan terkait dengan keselamatan berkendara. Pastikan penambahan aksesoris yang dilakukan tidak menghambat aktifitas berkendara. Contohnya adalah Floor mat (karpet lantai).

Sebagai ilustrasi, pemasangan karpet yang tidak benar contohnya seperti lubang karpet yang tidak masuk dalam pengait, posisi karpet salah arah, posisi karpet terbalik, atau karpet bertumpukan lebih dari satu karpet. Pemasangan yang tidak benar tersebut dapat menimbulkan potensi yang mengganggu kenyamanan dan keselamatan Anda seperti :
Karpet terlipat, sudah bergelombang atau rusak
Karpet mengganjal pedal gas/pedal rem sehingga kecepatan kendaraan bisa menjadi tidak terkendali.
karpet menutupi pedal gas yang dapat menyebabkan percepatan kendaraan yang tidak diharapkan.

Pastikan penambahan aksesoris karpet anda sudah sesuai dengan petunjuk di buku pedoman pemilik dan telah dilakukan pemasangan yang benar. - See more at: 

http://www.toyota.co.id

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar