Cara Mudah Membersihkan Jok Kulit

Info Aceh | Selasa, Desember 18, 2012 | 0 komentar


Jok kulit memang sangat nyaman dan menunjukkan kesan mewah pada mobi. Namun, jika jok kulit sudah terlalu tua dan jarang dibersihkan, tentu saja menimbulkan kesan kotor yang kurang nyaman untuk dipandang. Hal ini tentu saja akan mengurangi tingkat kenyamanan anda dalam berkenara. Jika anda lebih senang membersihkan mobil anda sendiri, berikut ini merupakan tips-tips mudah untuk membersihkan jok kulit mobil anda.

  1. Pertama, anda harus memperhatikan tingkat kekotoran jok kulit anda. Jika kotoronya masih tergolong ringan cari lah alat-alat pembersih yang ringan, seperti vacum cleaner. Namun, jika kotoran yang menempel pada mobnil anda sudah tergolong kotoran-kotoran yang membandel, anda memerlukan beberapa alat khusus pembersih jok, seperti plas chamois, lap kering, dan sikat yang bulu-bulunya tidak terlalu kasar. Jika tingkat kekotoran jok kulita anda sudah tidak dapat dibersihkan lagi, jangan buru-buru untuk mengganti jok kulit anda. Anda bisa membawanya ke tempat pencucian mobil dan serahkan padda petugas yang berwenang.
  2. Perhatikan obat pembersih yang anda gunakan. Jangan menggunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan jok kulit anda. Cari obat pembersih khusus untuk jok mobil anda. Anda bisa menemukan cairan poembersih di toko otomotif terdekat. Dalam memilih cairan pembersih, sebaiknya anda berhati-hati karena tidak semua cairan pembersih cocok denga jok yang terbuat dari kulit. Cari cairan pembersih yang khusus digunakan untuk membersihkan jok yang terbuat dari kulit.
  3. Langkah-lankah untuk membersihkannya, terlebih dahulu bersihkanlah bagian-bagian yang mudah dijangkau, kemudian dilanjutkan ke bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan vacum cleaner. Untuk membersihkan bagian-bagian yang mudah, seperti di atas permukan jok, anda bisa melakukan dengan mengelap atau menyemprotkan terlebih dahulu cairan plas chamois dan baru setelah itu anda bisa mengelapnya sampai bersih, atau jika kotorannya sudah sangat membandel, anda bisa menyikatnya dengan bulu sikat yang tidak terlalu kasar.
  4. Beri obat pembersi pada bagian-bagian yang anda anggap perlu untuk dibersihkan. Jangan dituangkan secara langsung di atas permukaan jok kulit karena cairan pembersih anda justru akan mengotorinya. Hati-hati pada saat menuangkan cairan pembersih. Anda harus menunagkanya secara perlahan-lahan dan sdikit-sedikit.
  5. Setelah bagian tertentu diberi obat pembersih, sikatlah bagian tersebut secara perlahan dan satu arah.    Jika kotoran pada jok kulit anda sangat membandel, ulangi beberapa kali sampai jok anda bersih.
  6. Selesai menyikat dengan obat pembersih, bersihkan cairan pembersih tersbut sebelum mengering. Setelah itu, tahap terakhir dari membersihkan jok kulit anda adalah mengatur suhu ruangan dalam kabin mobil anda agar tetap terjaga sehingga bakteri dan jamur tidak mudah tumbuh dan berkembang biak dalam kabin anda
  7. Menjaga kebersihan kabin memang penting untuk dilakukan, tetapi yang lbih penting lagi adalah membersihkannya secara rutin. Pastikan jok mobil anda dalam keadaan yang bersih sehingga tidak mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.
sumber : toyota.co.id

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category:

0 komentar